Permasalahan Umum pada AC Mobil dan Penanganannya

AC yang tiba-tiba rusak dapat mengganggu kenyamanan saat berkendara. Secara umum AC mobil sebenarnya mudah dan cepat diperbaiki. Namun, memperbaiki AC sendiri di rumah tidaklah direkomendasikan kecuali jika memang benar-benar ahli.

Berikut ini beberapa masalah yang sering ditemukan pada AC mobil:
  1. Freon habis karena bocor
    Kebocoran pada kompresor AC biasanya terjadi pada kendaraan yang sudah tua. Freon bisa menguap habis. Bila kendaraan telah mencapai 250.000 km sudah waktunya perlu kuras kompresor dan pengisian ulang freon yang sesuai spesifikasinya.
  2. AC yang bersuara berisik.
    Suara yang muncul saat AC dinyalakan bisa berasal dari suara mesin atau selang, tapi bisa juga merupakan gejala dari masalah pada kompresor AC. Jika permasalahan terjadi karena kompresor AC maka harus segera diganti.
  3. Suhu yang fluktuatif.
    Bila AC mengeluarkan udara dengan suhu yang naik turun maka biasanya terjadi karena embun menumpuk di bagian selang atau pipa. Ini menyebabkan terbentuknya es dan menyumbat. Hilangkan es pada bagian itu agar suhu yang dikeluarkan bisa stabil.
  4. Aki lemah.
    Baterai mobil yang lemah dapat menyebabkan AC mobil menjadi tidak berfungsi dengan baik. Baterai mobil memerlukan voltase yang cukup untuk mendorong kompresor AC selain untuk menjalankan mobil.
  5. Penumpukan bakteri.
    Bau yang tidak sedap dari AC mobil biasanya disebabkan oleh penumpukan bakteri pada evaporator. Seorang mekanik biasanya memiliki alat yang bisa untuk membilas evaporator sehingga terbebas dari bakteri.
Permasalahan Umum pada AC Mobil dan Penanganannya Permasalahan Umum pada AC Mobil dan Penanganannya Reviewed by Senja Nilasari on 8:29 AM Rating: 5

No comments

Latest in Sports